Program TIK di Ponpes Nurul Hayah

PENERAPAN PROGRAM TIK DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DI PONDOK PESANTREN NURUL HAYAH

Secara historis pendidikan pondok pesantren lebih menekankan pada aspek pengembangan pendidikan keislaman (salaf), pendidikan Islam lebih dominan dari pada pendidikan umum, karena pendidikan di pesantren, menekankan kepada hubungan manusia dengan tuhannya dan manusia dengan manusia, atau ajaran hubungan dunia dan akhirat yang didasarkan pada Al-qur’an dan Sunnah sebagai sumber acuannya. Sedangkan ditinjau dari peran kependidikannya merupakan subsistem pendidikan nasional telah memberikan kontribusinya yang signifikan bagi peradaban Islam di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan yang indigenous (ala) Indonesia, Pondok Pesantren Nurul Hayah memiliki akar sosio-historis yang cukup kuat, sehingga membuatnya mampu menduduki posisi yang relatif sentral dalam dunia keilmuan masyarakat, sekaligus bertahan di tengah berbagai gelombang perubahan.

Di satu sisi, terbitnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) merupakan peluang emas bagi pengembangan pesantren. Konkretnya, pendidikan diniyah dan pesantren telah diakui sebagai bentuk pendidikan keagamaan. Dengan demikian, beberapa kalangan meyakini nasib lembaga pendidikan yang genuine dan tertua di Indonesia ini bakal menjadi ”lebih baik”.

Terkait dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk pendidikan pesantren tampak begitu marak di Indonesia. Dengan melihat perkembangannya keberadaan teknologi informasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, pondok pesantren nurul hayah sebagai lembaga pendidikan memiliki pengaruh yang sangat besar di masayarakat, untuk menciptakan komunikasi terhadap mereka, maka sangat dibutuhkan layanan informasi agar tersampaikan secara tepat dan cepat. Dalam fase masyarakat informasi inilah, pesantren semakin menghadapi tantangan yang tidak ringan dan lebih kompleks ketimbang periode waktu sebelumnya.

Oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan pesantren di pondok pesantren, diperlukan adanya pengkajian mengenai penerapan TIK dalam pendidikan pesantren di Indonesia yakni di Pondok Pesantren Nurul Hayah Pusat. Hal ini bertujuan agar dunia pendidikan Indonesia termasuk pengembangan SDM dan pendidikan pesantren salah satunya adalah Pondok Pesantren Nurul Hayah dapat lebih berkembang dan maju, sudah seharusnya pemerintah dengan adanya JARDIKNAS dan ICT Center, membuka akses seluas-luasnya terhadap informasi yang berkaitan dengan pendidikan dan memberikan kesempatan bagi seluruh anak Indonesia untuk mengikuti pendidikan yang layak dan berkualitas, serta memberikan empowerment (kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran, dengan memberlakukan Student Centered Learning / eLearning.

Dari uraian tersebut diatas, dapat diambil kesimpulan, bahwa pandangan masyarakat yang selama ini menilai bahwa belajar di pondok pesantren itu terkesan kumuh, terlalu tradisonal, terkesan kurang maju serta hidup di bangunan reot itu terasa pudar. Sebab, pesantren sekarang, terutama Pondok Pesantren Modern Nurl Hayah sudah mampu menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk belajar. Hal ini bertujuan agar output (alumni) yang dihasilkan dari Pondok Pesantren Nurul Hayah, dapat mengaplikasikan keilmuannya yang didapat selama di pesantren,serta tepat sasaran.

Pondok Pesantren modern Nurul Hayah tidak hanya mengajarkan tentang ilmu akhirat saja. Akan tetapi, juga mengajarkan ilmu umum. Keduanya disinergikan menadi sebuah sistem perpaduan. hasilnya, dirasa sangat tepat untuk dikembangkan. Sebab, ilmu agama ini lah yang sebenarnya akan memberi warna pola pikir seorang intelektual muslim. Ilmu yang berbasis dan berwawasan umum tanpa dilandasi dengan ilmu agama itu bagaikan laut yang luas tanpa air. Jadi tidak ada manfaatnya. Sedangkan jikalau menitik beratkan hanya mempelajari ilmu dunia saja, terbatas pada dunia saja yang akan didapatkan. konskuensinya, akan sengsara di akhirat.

Pendidikan yang diintegrasikan antara pengetahuan agama dan umum, secara prinsip telah diterapkan dalam sistem pendidikan pondok modern Nurul Hayah. Pendidikan ini telah tercakup dalam sistem formal kurikulum maupun proses pembelajaran sehari-hari. Dengan sistem yang ada ini, pondok pesantren modern Nurul Hayah dapat megembangkannya lebih lanjut lagi agar lebih banyak mencetak kader pemimpin ummat yang berakhlaqul kariamah di dunia ini. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *